MENUJU DESA SEHAT: KECAMATAN SIWALAN DEKLARASIKAN STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN

KAJEN -- Sebagai komitmen mewujudkan program inovasi Kecamatan Siwalan menuju Desa Sehat. Desa Boyoteluk Kecamatan Siwalan setelah 2 minggu yang lalu melakukan kegiatan Gema Sahe dengan membongkar helikopter (jamban sungai). Kamis 2/8/2018 Masyarakat Desa Boyoteluk mendeklarasikan "Perubahan Perilaku Higienis dengan tidak buang Air besar sembarangan.
 
Acara Launching Desa Sehat Kecamatan Siwalan dihadiri Ketua Gentong Hebat Dra. Hj. Munafah Asip Kholbihi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Drs. Ali Riza M.Si, Dinas Kesehatan dr Ida Sulistiani, Camat Siwalan Sugino, dan tamu undangan.
 
Dalam sambutannya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Drs. Ali Riza M.Si, menyampaikan "Pemerintah itu termasuk pemerintah desa mempunyai tujuan bagaimana membawa pemerintahan ini efektif dan efisien. efektif kalo penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan itu bisa dilaksanakan dengan baik, manfaat untuk masyarakat dan juga hasilnya itu ada. hal semacam ini menjadi tugas pemerintah dan partisipasi masyarakat itu penting. ucap Ali Reza.
 
Dalam kesempatan yang sama atas nama Gentong Hebat dan Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Dra Hj Munafah Asip Kholbihi berharap deklarasi dan pemberian sertifikat seperti ini tidak hanya sekedar seremonial tetapi diwujudkan dengan perilaku yang betul-betul nyata untuk masyarakat desa Mejasem dan Boyoteluk untuk bisa bersih dan sehat. ujar Hj. Munafah.
 
Kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya komitmen bersama, dukungan semua pihak, dukungan masyarakat dan tokoh masyarakat supaya memberikan pengetahuan kepada masyarakatanya untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. terangnya.
 
Mudah-mudahan kegiatan Gema Sahe memberikan inspirasi dan bisa menjadi contoh untuk Kecamatan lainnya. semoga 13 desa di Kecamatan Siwalan ini semuanya bisa ODF dengan tidak buang air sembarangan. ucap Hj. Munafah.
 
Sementara Camat Siwalan dalam sambutannya melaporkan bahwa di Kecamatan Siwalan ini baru 2 desa yang melakukan yaitu desa Mejasem dan Desa Boyoteluk. ke depan kita lakukan untuk semua desa di Kecamatan Siwalan akan menerapkan program inovasi ini yaitu Perubahan perilaku higienis masyarakat dan stop buang air besar sembarangan agar terwujud semua desa di Kecamatan Siwalan menjadi Desa Sehat. (didik/dinkominfo kab.pekalongan)
 
Publisher : aris 
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…