OJEK KEPENDUDUKAN ANTARKAN KABUPATEN PEKALONGAN RAIH PENGHARGAAN DARI KOMPAK

KAJEN - Salah satu inovasi dalam pelayanan kependudukan yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan mendapat apresiasi dari Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) pada acara inovasi dan kolaborasi untuk perbaikan layanan dasar dan peningkatan kesempatan ekonomi di Shangrila Hotel Jakarta, Senin (10/12/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si mewakili Pemerintah Daerah Indonesia mendapat ucapan selamat dari Wakil Duta Besar Australia Mr. Allaster Cox (Minister and Deputy Australia) dan dari Bappenas Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Pungky Sumadi.

Bupati menjelaskan, penghargaan tersebut di dapat Kabupaten Pekalongan karena secara kualitatif masuk kategori dari 12 Kota/Kabupaten dan Provinsi yang mempunyai program sesuai yang dimandatkan oleh KOMPAK.

"Ojek kependudukan memudahkan warga mengurus administrasi kependudukan dan telah diterapkan di Kecamatan Petungkriyono. Teknisnya banyak para ASN di Petungkriyono yang merupakan kecamatan tertinggi di Kabupaten Pekalongan tinggal di Kecamatan Kajen yang notabene pusat ibu kota kabupaten. Sebelum mereka berangkat, para ASN tersebut ke kecamatan terlebih dahulu untuk mengambil dokumen kependudukan dari warga kemudian diantarkan ke Dukcapil untuk diproses dan setelah selesai dokumen tersebut akan diantar kepada warga yang bersangkutan," kata Bupati.

Menurutnya ke depan, program dari KOMPAK akan diarahkan untuk pengembangan potensi ekonomi guna menurunkan angka kemiskinan. "Kami bersama KOMPAK akan bentuk laboratorium kemiskinan, dan sudah ada 3 desa yang akan menjadi percontohan yakni Desa Botosari Kecamatan Paninggaran, Desa Kertijayan Kecamatam Buaran dan Desa Mulyorejo Kecamatan Tirto," terang Bupati.

Dikatakan Bupati Asip, program pemberdayaan ekonomi diantaranya dengan mengangkat UMKM yang berada di desa yang berjumlah puluhan ribu yang akan dikerjasamakan dengan KOMPAK, diantaranya permasalahan permodalan, diversifikasi produk dan juga jaringan pemasarannya terutama pemasaran lewat online.

"Program pemberdayaan ekonomi secara serius dan taktis akan kita lakukan pada tahun 2019 yang melibatkan seluruh stakeholder dan kami juga mengundang organisasi nirlaba baik di dalam maupun di luar negeri untuk bersama bersinergi mengatasi kemiskinan di Kabupaten Pekalongan termasuk pendampingam masyarakat, kami akan menyambut dengan tangan terbuka dan akan bekerjasama dengan sunguh-sungguh," tandas Bupati. (red)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…