GELAR PROGRAM MENGAJAR, BPK JATENG KENALKAN TUGAS DAN FUNGSI BPK PADA SISWA SMA

KAJEN – Dalam rangka HUT Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia ke- 72, BPK RI Kantor Perwakilan Jawa Tengah menyelenggarakan program BPK Mengajar di sekolah di Jawa Tengah secara serentak, Kamis (13/12/2018).

Dalam program BPK Mengajar, masing-masing Kabupaten/Kota di Jawa Tengah terdapat 2 sekolahan yang didatangi oleh Tim BPK Mengajar. Dan SMA 1 Kedungwuni dan SMK 1 Kedungwuni menjadi perwakilan untuk Kabupaten Pekalongan. Tim BPK RI Kantor Perwakilan Jawa Tengah terdiri 3 orang yaitu Adrian Septrananto Budiyatmo, SH., Candra Auromiqo, SE., dan Wahyu Krisnawati, SE.

Adrian Septrananto Budiyatmo, SH., mengatakan program ini sengaja di gagas oleh pimpinan BPK RI Kantor Perwakilan Jawa Tengah yakni Hery Subowo, S.E., M.P.M., Ak., CIA., CFE., CA.,  dalam rangka menyambut momentum HUT BPK RI ke- 72, yang tujuannya lewat acara ini juga pihaknya ingin memperkenalkan tugas pokok dan fungsi dari BPK dalam keuangan Negara kepada generasi milenial.

"Generasi milenial ini dapat melanjutkan dan memahami peran penting BPK dalam mengawal keuangan negara untuk pembangunan Negara Indonesia. Kami juga memberikan materi-materi tentang pencegahan korupsi dan bahaya apa saja dari dampak korupsi kepada generasi milenial," tutur Adrian.

Dengan menyasar pada generasi milenial, pihaknya berharap dapat melahirkan bibit baru yang memiliki integritas tinggi. "Harapan ke depan dari kegiatan ini lahir bibit-bibit baru para generasi bangsa yang memiliki integritas tinggi menjunjung nilai-nilai kejujuran guna memajukan kesejahteraan, mencerdaskan kehidupan berbangsa," ujarnya.

Sementara Kepala Sekolah SMA 1 Kedungwuni - Sugeng sangat mengapresiasi dan terimakasih atas berlangsungnya Program BPK Mengajar. Menurutnya, kegiatan ini bisa dikatakan sebagai upaya menunjukan exsistensi dari suatu lembaga yakni BPK dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga negara yang mengawasi penggunaan uang negara.

"Dengan kedatangan Tim BPK Mengajar di SMA 1 Kedungwuni ini siswa dapat termotivasi sekaligus memberi gambaran bahwa ke depan bangsa ini membutuhkan generasi yang lebih baik, memiliki kejujuran dan integritas tinggi," katanya.

Ia menjelaskan bahwa kita juga berkewajiban untuk memberikan masukan, motivasi kepada anak-anak untuk mempersiapkan dirinya sebagai generasi penerus bangsa yang akan berperan dalam menentukan arah pembangunan bangsa ini.

"Untuk itu perlu sinergitas dari pemda lewat event-event yang tujuannya mempersiapkan generasi melinial ini ke arah yang lebih baik guna menyambut 100 tahun Indonesia merdeka," ujarnya.

Sementara Kepala Dinkominfo Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi yang turut hadir mewakili Pemkab Pekalongan pada acara tersebut menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Tim BPK Mengajar yang telah datang ke Kabupaten Pekalongan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada siswa SMA maupun SMK sekaligus memperkenalkan fungsi BPK. Ia berharap generasi selanjutnya bisa mengabdikan diri di suatu lembaga negara BPK maupun yang lain untuk ikut berperan dalam pembangunan Negara. (didik/dinkominfo kab.pekalongan)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…