BUPATI ASIP KHOLBIHI : “MANFAAT MEMBENTUK KELUARGA YANG SEJAHTERA OLEH PKK ITU LEBIH PENTING”

KAJEN – Prestasi yang telah ditorehkan PKK sangat membanggakan kita semua. Karena disamping prestasi memang ada hasilnya, namun yang tidak kalah penting adalah manfaatnya yakni membentuk keluarga yang sejahtera mulai dari keluarga yang paling kecil. Kemudian program OPD harus sampai ke tingkat rumah tangga (RT) maupun Dasa Wisma. Semua itu yang bisa melakukan hanya PKK.

Demikian disampaikan Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si selaku Ketua Pembina PKK Kabupaten Pekalongan saat menghadiri pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan dan membuka Rapat Konsultasi di Pendopo, Senin (21/1/2019).

Bupati mengungkapkan, pada tahun 1980an model pembinaan PKK pernah digunakan sebagai rule model oleh world bank untuk pemberdayaan di negara-negara berkembang.

Organisasi PKK adalah warisan para the founding fathers (pendiri) bangsa kita yang menciptakan sebuah organisasi counterpartnya pemerintah tetapi tujuannya adalah sampai menjangkau unit terkecil keluarga dalam hal pemberdayaan.

 “Oleh karena itu saya berpesan kepada para Camat dalam menyusun RAPBDes tolong para Kepala Desa diingatkan agar Dana Desa porsinya untuk lebih ditekankan pada pemberdayaan. Para Camat harus memantau per Desa di wilayah masing-masing agar dana pemberdayaan di tingkat desa proporsinya meningkat,” tegas Bupati.

Kepada para Ketua TP PKK yang telahdilantik, Bupati berharap amanah yang diberikan dapat dijalankan dengan baik dengan ikhlas dan dengan tanggungjawab. Karena hal itu bagian dari pengabdian kepada masyarakat dan bagian dedikasi kita kepada apa yang melekat pada jabatan suami. “Mohon untuk dilaksanakan denga ikhlas, karena apabila kita bekerja dengan ikhlas semua akan senang, akan tetapi apabila kita bekerja dengan tidak ikhlas maka akan merugikan orang,” terang Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Asip Kholbihi mengapresiasi Tim Penggerak PKK yang telah mengubah wajah wilayah khususnya Kecamatan Siwalan menjadi daerah bersih dari buang air besar di sungai. Kata Bupati, sebelum dijamah oleh Tim Penggerak PKK, Siwalan merupakan daerah yang memiliki jamban terpanjang karena terletak di sungai.

Daerah Siwalan kini tidak ada lagi yang membuang air besar di sungai, hal tersebut karena keberhasilan Tim Penggerak PKK yang sudah menyadarkan masyarakat,” kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.

Menurut bupati, prosentase jambanisasi di Kecamatan Siwalan kini mencapai 79 persen dari sebelumnya yakni 10 persen.“Berilah ilmu pada masyarakat dan memajukan masyarakat lewat program-program PKK. Karena akan menjadi panutan serta contoh bagi masyarakat sekitar dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan menuju arah positif merupakan perbuatan luhur,” tambahnya.

AcarainimerupakanpemberhentiansekaliguspengangkatanKetua TP PKK KecamatanKabupatenPekalongan.Ada tujuh ketua TP PKKkecamatan yangdiberhentikansekaligusdilantikadalahdarikecamatanKajen, Karanganyar, Karangdadap, Tirto, Bojong, Lebakbarang, danPetungkriyonoKabupatenPekalongan.

Kegiatan dihadiri Sekretaris Daerah Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM, Camat seKabupatenPekalongan, segenap Tim pengurus TP PKK se KabupatenPekalongan, sertatamuundangan lain.(didik/dinkominfo kab.pekalongan)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…