BUPATI PEKALONGAN ASIP KHOLBIHI OPTIMIS PARTISIPASI PEMILU CAPAI 80%

KAJEN - Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si menyoroti peristiwa tertukarnya surat suara di wilayah yang dipimpinnya pada pelaksanaan Pemilu 2019.

"Saya baru mendapatkan laporan ada peristiwa surat suara tertukar di dapil 3 dan dapil 4. Kejadian ini saya minta segera diselesaikan. Saya yakin persoalan ini hanya human eror, dan sebaiknya segera diselesaikan supaya cepat diselesaikan dan masyarakat bisa menggunakan hak suaranya," katanya, di sela-sela menggunakan hak suaranya di TPS 27 di MIS Walisongo 2 Kranji, Kelurahan Kedungwuni Timur, Rabu (17/4/2019).

"Secara umum Pemilu serentak berjalan dengan baik tidak ada perlu dikhawatirkan masyarakat sudah terbiasa menggunakan hak politiknya dengan baik. Mudah-mudahan partisipasi pemilih bisa capai 80 persen. Kami optimis target bisa terpenuhi," sambungnya.

Hanya saja, kata bupati, untuk para pemilih yang berusia lanjut dalam proses membuka dan melipat surat suara usai mencoblos perlu membutuhkan waktu. Sebab ukuran surat suara cukup lebar sehingga ketika melipat kembali untuk dimasukkan ke tempat suara perlu waktu lebih. Meski begitu, hal demikian berdasarkan pantaunnya sudah dipersiapkan oleh penyelenggara bagaimana penanganannya.

Bupati Pekalongan memberikan hak suara didampingi sang istri dan putranya. "Kita sudah melaksanakan hak konstitusional mencoblos lima kartu. Alhamdulillah masyarakat di TPS 27 Kedungwuni Timur. Jumlah DPTnya cukup banyak sebab di daerah perkotaan. Masyarakat pun menjalaninya dengan suka cita dan secara umum semua memahami pelaksanaan pemungutan surara di TPS," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan secara serentak eksekutif dan legislatif ini merupakan kali pertama. Dalam pelaksanaan tidak ada perbedaan dengan pemilu lainnya. Pada aspek hak demokrasi bisa berjalan dengan luber dan jurdil.

Ia juga mengharapkan siapapun yang terpilih memegang prinsip falsafah jawa yaitu menang ora umuk, kalah ora ngamuk. Kepada caleg DPRD Kabupaten Pekalongan yang nanti terpilih pihaknya mengajak untuk bekerja sama dengan spirit membangun Kabupaten Pekalongan sehingga cita cita mulia mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pekalongan.

Sementara itu, Ketua KPPS TPS 27 Kelurahan Kedungwuni Timur, M Agus Faizin menyebutkan, jumlah DPT yang ada di TPS 27 sebanyak 262 orang. "Animo masyarakat untuk menggunakan hak suaranya antusias. Dari pagi mereka sudah antri," katanya.(didik/dinkominfo kab.pekalongan)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…