SEJAHTERAKAN PETANI MELALUI PASAR MITRA TANI

KAJEN - Menjadi penghubung bertemunya antara Petani kabupaten Pekalongan dan pembeli di Lingkungan Kantor Pemerintahan Kabupaten setempat, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kembali menggelar Pasar Mitra Tani ke-3 yang diharapkan menjadi penunjang kesejahteraan para petani Jumat (4/9/2020).

Sebanyak 37 pedagan atau petani di Wilayah Kabupaten Pekalongan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggelar lapak di tengah pandemi Covid 19 yang juga turut mempengaruhi penghasilan para petani di Kota Santri ini.

Seperti penjelasan Tohid Margono.S.Pi Plt Kepala Dinas Ketahanan pangan dan pertanian kabupaten Pekalongan melalui Kepala Bidang Ketahanan pangan Nusa Indah pada acara Mitra pasar Tani di halaman Kantor DKKP setempat. “Pada pelaksanaan untuk ketiga kalinya ini omset penjualan petani yang turut dalam program yang dilaksanakan di Minggu pertama dan ketiga setiap bulannya ini meningkat, jika pada pemkukaan Pasar Mitra Tani omset yang dicapai sebesar Rp.15.000.000,- di pelaksanaan kedua hasil penjualan seluruh petani naik menjadi Rp.25.000.000,- harapanya pada pelaksanaan Pasar Mitra tani ketiga ini omsetnya juga turut naik”.

Namun demikian setiap inovasi atau trobosan yang dilaksanakan untuk kesejahteraan para petani di kabupaten Pekalongan ini juga Tidak luput dari kendala dan keterbatasan, baik dari para petani ataupun Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian selaku pihak yang menjembatani bertemunya petani dengan pembeli, seperti yang disampaikan Nita Kasi Penganekaragaman Konsumsi dan Pangan.

Salah satu kendala yang di rasakan petani adalah masalah transportasi mengingat para petani di Kabupaten Pekalongan ini dari daerah atas seperti Petugkriyono dan Paninggaran jika panen berlimpah mereka tidak bisa menjualnya ke Kota lantaran biasa transportasi yang didak sebanding dengan harga hasil panen di pasaran”. Pungkas Nita. (Rep. Teddy RKS)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…