BUPATI ASIP : SEBAGAI UMAT MUSLIM WAJIB HUKUMNYA MENCARI ILMU

KAJEN – Hadir dalam acara Pengajian Sabtu pagi yang diselenggarakan oleh pengurus cabang Muhamadiyah Karanganyar di masjid Al Ikhlas Karanganyar pada pagi ini, Sabtu (5/9/2020), Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH.,M.Si paparkan pentingnya mempelajari ilmu bagi setiap umat muslim utamanya ilmu agama.

Menurutnya Ilmu agama sendiri merupakan dasar atau pedoman bagi setiap individu untuk menjalankan roda kehidupan di dunia maupun nantinya di akhirat. Jadi, berusaha mempelajari ilmu agama hukumnya fardhu ain atau wajib untuk dikerjakan.

‘’ Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap kita semua sebagai umat muslim, ini berarti tidak ada kata lain selain mencari ilmu,’’ ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, ilmu agama yang bersifat sebagai penunjang umat muslim untuk menjalankan ibadah wajib, itu sangat disarankan untuk benar-benar dipelajari secara detail. Karena dengan ilmu tersebutlah kewajiban menjalankan ibadah bisa dilakukan.

Contohnya seperti ilmu mempelajari tata cara berwudhu, karena dijelaskan bupati Asip, wudhu merupakan instrumen terpenting sebagai awal setiap umat muslim yang hendak beribadah.

‘’Setiap ilmu yang diwajibkan untuk dipelajari oleh umat muslim seperti ilmu melakukan wudhu,sholat adalah hukumnya wajib,’’ jelasnya

Dan setelah ilmu penunjang kewajiban itu dicari dan dipelajari, tahap selanjutnya adalah mengimplementasikannya, karena tanpa implementasi, ungkap bupati, semua itu tidak ada artinya. ‘’Kewajiban mencari ilmu tentang sah atau tidaknya kita dalam melakukan ibadah yang wajib adalah suatu kewajiban,’’ ungkapnya.

Selain ilmu agama, dikatakan Bupati Asip, ilmu lain penunjang kehidupan juga jangan lupa dipelajari diantaranyailmu sosial, ekonomi, kesehatan, manajemen dsb, Karena tanpa ilmu tersebut, keseimbangan dalam menjalani kehidupan di dunia akan sulit tercapai.

Dan untuk mencapai kesimbangan itu utamanya di Kabupaten Pekalongan, maka pendidikan harus ditunjang dan difasilitasi dengan baik. Oleh karena itu Ia mengatakan bahwa pihaknya selalu memprioritaskan pembangunan pada aspek pendidikan.

‘’ Kami sebagai orangtua juga harus bisa menunjang pendidikan anak-anak kita, utamanya kami yang berada di pemerintahan memeiliki tugas untuk memfasilitasi dan membuat regulasi untuk menunjang kepentingan pendidikan anak-anak kita dalam mencari ilmu.,’’ katanya.

Bupati Asip juga berpesan kepada jamaah pengajian yang datang untuk tetap berdoa dan berikhtiar dalam mencari serta mempelajari ilmu, supaya menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. ‘’Jadilah orang yang berguna dengan keilmuan yang kita miliki, supaya bisa selamat dunia dan akhirat,’’ pesannya. (Lus-Kominfo)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…