PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DAN PENYERAHAN BUKU APBD TAHUN ANGGARAN 2021

KAJEN - Sebagai salah satu dasar pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Kominfo tahun anggaran 2021, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan menerima Buku APBD Tahun Anggaran 2021 dari Bupati Pekalongan, Selasa (19/1/2021), bertempat di Aula lantai I Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan. Dalam APBD Kabupaten Pekalongan tahun 2021, Dinas Kominfo mendapat alokasi anggaran sebesar Rp. 10.588.920.222 yang terdiri dari Belanja Operasi ( Belanja Pegawai dan Belanja Barang/jasa) sebesar Rp. 7.847.780.400 dan Belanja Modal ( Peralatan/mesin, Gedung/Bangunan dan Aset Tetap lainnya) sebesar Rp. 2.741.139.822,-

Dalam kegiatan tersebut, di hadapan Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD serta disaksikan oleh FORKOPIMDA, Sekretaris Daerah dan seluruh Pimpinan OPD, Asisten, Staf Ahli, Kabag/Kepala Kantor serta Camat se-Kab.Pekalongan, Kepala Dinas Kominfo Anis Rosidi,S.Sos.,M.Si menandatangani Pakta Integritas dan turut dalam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutannya, Bupati Pekalongan KH.Asip Kholbihi,SH.,M.Si menyampaikan bahwa APBD tahun ini merupakan APBD terakhir di kepemimpinan Bupati Asip Kholbihi dan Wakil Bupati Ir. Arini Harimurti. Dan APBD yang telah ditetapkan disusun berdasarkan skala prioritas yang mengacu kepada Visi dan Misi.

“Yang paling penting, bahwa selama ini arah kebijakan keuangan daerah dalam rangka peningkatan penerimaan pendapatan daerah, khususnya pada tahun 2021, untuk optimalisasi pendapatan asli daerah saya kira perlu kita melakukan pengayaan dari intensifikasi dan diversifikasi pendapatan,” ucap Bupati Asip dalam sambutannya.

Bupati juga memaparkan periodesasi dibawah kepemimpinannya telah dijalankan sesuai dengan RPJMD tahun 2016-2021 secara normatif berjalan baik. Indikatornya antara lain predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) 5 tahun berturut-turut dan penurunan angka kemiskinan. Selain itu belum lama ini ada sekitar 5 penghargaan yang diterima dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

“ Secara phisicly, tahun 2016-2021 kita telah menghasilkan pembangunan-pembangunan fisik yang nyata. Kita membangun 8 pasar. Selain itu, kita banyak menfasilitasi berdirinya Perguruan Tinggi yang berpengaruh luar biasa. Seperti ITS NU, Politeknik NU, UMPP, Undip, UIN Pekalongan (sedang dalam proses),” imbuhnya. Hal ini, menurut Bupati Asip, efeknya menumbuhkan pendapatan karena ada kutub pertumbuhan ekomoni baru yang tumbuh disekitar kampus.

Selanjutnya kepada jajaran pemkab Pekalongan, Bupati berpesan profesionalitas harus dikedepankan dan menjadi spirit dari para ASN.

Penandatanganan pakta integritas dilakukan dalam rangka menciptakan zona pemerintahan yang bebas dan bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Kegiatan tersebut merupakan wujud dari komitmen Dinas Kominfo untuk melaksanakan Tata Kelola Pemerintahan yang bersih dan transparan, bebas dari praktek korupsi dan kolusi di Kabupaten Pekalongan.(red)

 

WhatsApp Image 2021 01 20 at 08.58.05

Publisher : aris

 

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…