WASPADAI SIKLUS KEBENCANAAN

KAJEN - Musibah angin puting beliung yang melanda desa Kalijambe Kecamatan Sragi pada Rabu, 24 Februari 2021 lalu membawa dampak kerusakan yang cukup serius. Dilaporkan oleh Kades setempat, ada total 102 rumah warga di 4 dukuh yang menjadi korban angin puting beliung.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH.,M.Si beserta jajarannya meninjau langsung ke daerah terdampak angin puting beliung desa Kalijambe kecamatan Sragi guna cek lapangan sekaligus mencarikan solusi di tengah-tengah kesibukannya menangani banjir yang ada di wilayah utara Kabupaten Pekalongan. "Ada Bencana angin puting beliung di desa Kalijambe kecamatan Sragi , korbannya memang cukup banyak. Terutama kerusakan fisik rumah ada 102. Tapi setelah diidentifikasi tinggal kira-kira 30 rumah yang perlu mendapat atensi khusus dari pemerintah,” ungkap Bupati Asip disela-sela tinjauannya, Sabtu(27/02) sore.

Bupati menjelaskan bahwa wilayah kecamatan Sragi yang posisinya termasuk wilayah tengah , sedang digalakkan siaga angin puting beliung. Pasalnya Di kabupaten Pekalongan ada salah satu Dukuh di desa Kalijambe terkena dampak dari angin puting beliung yang cukup serius karena ada 102 rumah rusak.
“ini juga memberi warning kepada kita agar selalu mencermati data-data yang dikirim oleh Bapak Gubernur berdasarkan review dari data BMKG, itu kan mesti ada progress/report untuk selalu waspada. Kabupaten Pekalongan disamping kita waspada banjir, mudah-mudahan hari ini kondisinya semakin baik. Kemarin dua hari yang lalu sudah turun 50 cm, ini mudah-mudahan bisa surut se mata kaki sehingga masyarakat bisa normal kembali beraktifitas, “tandasnya

Secara prinsip, Bupati menegaskan bahwa pemkab secara teknis sudah mengetahui dan menentukan roadmap penanganan banjir yang secepatnya dalam jangka pendek , menengah maupun jangka panjang.

Bupati juga meminta Camat dan Kades setempat untuk lebih waspada lagi karena daerah yang awalnya diprediksi aman dari banjir, ternyata kena musibah angin puting beliung. Namun ia menyadari kejadian tersebut merupakan bagian dari siklus alam, dan ia berpesan agar diterima dengan sabar serta menyiapkan manajemen kebencanaan.

“ Alhamdulilah Pak Kades nya sigap, dibantu seluruh warga desa secara mandiri, rumah-rumah korban angin puting beliung sudah banyak yang diperbaiki. Nanti  pemerintah tinggal menutup kekurangan-kekurangannya saja,”pungkasnya.

Sementara itu Muhammad Ihwan selaku Kades Kalijambe Sragi mengungkapkan musibah angin puting beliung yang terjadi pada Rabu subuh(24/02) lalu, berlangsung sekitar 1-2 menit, pas waktu subuh, menimpa di 4 dukuh di desanya. Total ada 102 rumah yang mengalami kerusakan. Namun setelah dilakukan pendataan oleh BPBD, ada sekitar 30 rumah yang sangat perlu dibantu.

Ihwan juga mengatakan pihaknya telah menerima bantuan dari berbagai pihak. “Alhamdulilah kami sudah terima bantuan dari TNI Polri, BPBD, dan sebagian sudah kami salurkan kepada warga yang terdampak,” ucap Ihwan. (Ar-Kominfo)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…