KEMENAG LAUNCHING TAGLINE.APLIKASI DAN INOVASI LAYANAN PUBLIK

KAJEN - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan melaunching tagline, aplikasi dan inovasi layanan publik baru. Tagline yang diusung adalah SIMPATIK (Simpel, Moderat, Pasti, Menarik), aplikasi KAPTEN (Kabupaten Pekalongan Terintegrasi dan Inovasi)dan KUAT RAGA ( Kerukunan dan penguatan Moderasi beragama). Launching ini diresmikan sekaligus ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH.,M.Si, pada Jum’at (09/04) pagi. Launching ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda ,Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siti Masruroh, Ketua FKUB, MUI, Ormas NU, Muhammadiyah, serta jajaran Kemenag kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam sambutannya mengatakan , esensi dari pelayanan publik adalah mudah dan terbuka. Tentu banyak instansi pemda melakukan upaya -upaya inovasi untuk menunjang ke arah tersebut disesuaikan dengan kondisi situasi saat ini.Dan Kabupaten Pekalongan salah satu kabupaten yang ikut berperan aktif dalam rangka menciptakan berbagai inovasi pelayanan publik. “Alhamdulilah di Kemenag kabupaten Pekalongan telah mendesain infrastruktur maupun suprastruktur pelayanan publik secara lebih baik, hingga muncul aplikasi atau tagline baru. Ini menunjukkan responbilitas dari jajaran Kemenag kabupaten Pekalongan ini baik. Saya, seluruh masyarakat juga mengucapkan terimakasih,” tutur Bupati Asip mengawali sambutannya.

Menurutnya, ketika jenis-jenis public servis seperti itu disediakan namun tidak diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia, maka hanya akan sekedar tagline. “ Yang paling penting adalah bagaimana kita mengisi. Sumber daya manusia menjadi ruh dari apa yang kita ciptakan,” jelasnya.

Selanjutnya bupati menekankan bahwa kantor Kemenag kabupaten Pekalongan adalah kantor kementrian milik semua agama yang secara konstitusional disahkan oleh negara ,juga bagian dari ruh moderasi beragama sehingga jangan sampai ada tironi minoritas/mayoritas. Seluruh tagline,aplikasi yang dirancang saat ini, lanjut bupati, adalah dalam rangka menguatkan pola kita bagaimana agama dipeluk umatnya secara baik, kemudian agama sesuai pesan awalnya adalah menebar kebaikan dan kemaslahatan.

“Semua ihtiar yang dilakukan Kemenag Pekalongan, menciptakan hal -hal/inovasi baru , pelayanan publik baru, dalam rangka mewujudkan harmonisasi antar seluruh manusia yang ada di kabupaten Pekalongan sehingga tujuan besarnya, agar semua hidup sejahtera lahir batin terbuka aspek socialnya, ini akan dapat kita wujudkan,”pungkasnya

Sementara itu kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan H Kasiman Mahmud Desky mengungkapkan acara launching tersebut merupakan roadmap dari pelaksanaan pembangunan zona integritas pada kantor Kemenag kabupaten Pekalongan. Pembangunan zona integritas itu sendiri adalah bagian dari 11 kantor Kemenag se-Jateng dan 1 kantor wilayah Kemenag Jateng ditambah 3 Madrasah Aliyah, kemudian diajukan melalui proses penilaian kanwil, kemudian penilaian litbang Kemenag dan sekarang prosesnya TPI (Tim Penilai Internal) pada Kemenag RI dan selanjutkan akan dinilai oleh Menpan RB RI.

“Pada acara launching ini perlu kami sampaikan bahwa tujuan pembangunan zona integritas ini tentu berpatokan pada dua hal. Yang pertama, bagaimana kantor dan seluruh ASN bebas dari KKN, bagaimana selanjutnya upaya kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kabupaten Pekalongan secara keseluruhan. Maka kami punya tagline/slogan , yaitu SIMPATIK (Simpel, Moderat, Pasti, Menarik),” ungkap Kasiman.

Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, Kasiman menjelaskan pihaknya memiliki aplikasi yang bisa dilihat oleh masyarakat dan memudahkan bagi internal ASN Kemenag. “Yang internal Kemenag, ada aplikasi Kapten . kapten ini semua aplikasi yang dibutuhkan ASN kita, bisa dilihat di aplikasi kapten. Sedangkan untuk aplikasi yang diberikan kepada masyarakat adalah KPSS( Kemenag Pekalongan Smart Spesific). Pelayanannya bisa dilakukan online maka masyarakat tidak perlu datang ke kantor Kemenag ,”terangnya.(Ar-Kominfo)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…