BUPATI LANTIK KEPALA DESA PRINGSURAT

KAJEN  -  Jelang bulan puasa Bupati Pekalongan Asip Kholbih melantik kepala desa Pringsurat Kecamatan Kajen di Pendopo rumdin Bupati, Senin (12/4/2021). Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan, pelantikan sehari menjelang puasa maknanya sangat besar. dengan harapan supaya bersih kedepan tidak ada masalah di dalam tata kelola pengelolaan keuangan desa. Bupati menambahkan sebenarnya akan melantik saat puasa siang dengan maksud untuk menginternalisasi nilai-nilai orang puasa karena orang puasa harus menahan diri dari semua hal-hal yang tidak baik, dan melakukan hal-hal yang lebih baik untuk kepentingan Desa Pringsurat.

Bupati berpesan kepada Pak Casmadi selaku Kades yang dilantik untuk menjaga kesehatan, karena kepala desa menjadi manajer pembangunan di desa jadi secara fisik harus kuat. "Pokoknya kepala desa adalah kepalanya orang sedesa jadi lahir batin harus disiapkan termasuk juga Bu Kades yang harus bisa melayani masyarakat desa menjadi khoddimul Ummah," tambah Bupati.

Bupati menyampaikan bahwa pemimpin itu pelayan masyarakat, hal ini merupakan pesan dari Nabi Muhammad bahwa yang namanya pemimpin itu melayani masyarakat dengan baik, maka layani dengan baik supaya Desa Pringsurat ini maju dengan baik. Desa Pringsurat sudah lebih baik dari sebelumnya, kini tinggal di tata yang baik tinggal ditingkatkan lagi, untuk kemajuan Desa Pringsurat ini sampai tahun 2025. Warga desa yang sudah menjalankan proses pergantian Pilkades antar waktu dengan baik dan aman itu menjadi modal sosial.

Menurut Bupati seorang kepala Desa diberi 4 modal, yang pertama modal sumber daya manusia, sudah banyak warga desa Pringsurat yang sudah maju itu adalah modal kepala desa, yang kedua modal sumber daya alam, tanah di desa Pringsurat ini subur ditanami tanaman tumbuh karena ketinggiannya sekitar 600 sampai 700 DPL (di atas permukaan laut) itu adalah sumber daya alam yang tidak semua desa memiliki, ini bisa dikelola dengan baik dengan anak muda desa dengan BPD BMD dan tokoh-tokoh masyarakat bisa diajak untuk bagaimana cara mengembangkan Desa Pringsurat dibawah pimpinan Kades, yang ketiga yaitu modal sosial Resource atau sumber daya sosial, warga yang guyub rukun dan gotong royong kemudian saling menghargai ini adalah nilai-nilai di desa ini yang perlu dipelihara.

Kepala desa juga dibantu secara maksimal melalui sumber daya finansial yang berupa APBD maupun DD terutama dana desa Pekalongan dananya perdesa berjumlah 800 juta sampai 1 miliar, dana ini milik rakyat yang pertanggungjawabannya harus wujud. "Sepertinya di desa ini banyak kebun-kebun silakan dikelola," imbuh Bupati.

Bupati berterima kasih atas berjalannya Pilkades antar waktu di desa Pringsurat ini dengan baik, Bupati berharap Kades yang terpilih bisa menjalankan amanah dengan baik serta bisa membawa kemajuan bagi masyarakat desa Pringsurat. Tak lupa bupati juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa 1442 H/2021 M, "mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua sehingga puasa ini betul-betul cara menjadikan kita sebagai orang yang lebih peduli terhadap sesama serta menjauhkan diri kita dari sifat takabur dan sombong. Dan paling penting sekali lagi menjadikan diri kita bisa menghargai."(El-Kominfo)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…