PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN PONPES PODODADI CABANG PONPES TEBU IRENG XVIII

KAJEN – Bupati Pekalongan H.Asip Kholbihi, SH.M.Si., berkesempatan menghadiri acara Peletakan Batu Pertama pembangunan Pondok Pesantren Pododadi yang merupakan cabang dari Ponpes Tebu Ireng XVIII, Senin (31/5/2021) yang diselenggarakan di Pododadi, Kecamatan Karanganyar. Dalam acara tersebut, Bupati Asip mengatakan pihaknya sangat menyambut baik dan mengapresiasi penuh akan pembangunan Pondok Pesantren Pododadi ini. Karena menurutnya, pembangunan pondok pesantren di Pododadi ini merupakan cita-cita yang sudah cukup lama.

‘’ Oleh karena itu, kami mewakili seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan masyarakat Kabupaten Pekalongan sangat menyambut baik dan mengapresiasi dan tentu mendukung apa yang akan menjadi amanah yang diberikan kepada kita,’’ ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Asip juga menuturkan bahwa pendirian pondok pesantren di pododadi ini, diharapkan dapat menjadi sumber keberkahan bagi sleuruh masyarakat Kabupaten Pekalongan dan khususnya warga sekitar Pododadi, Kecamatan Karanganyar.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, Ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk dapat membantu segera berdirinya Pondok Pesantren Pododadi ini. ‘’ Alhamdulilah sekarang banyak sekali pesantren-pesantren berkembang untuk mewujudkan Islam yang ditengah itu menjadi kekuatan keilmuwan juga menjadi kekuatan penopang bergeraknya perekonomian masyarakat,’’ tuturnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Ketua Syuriah PCNU Kabupaten Pekalongan KH.Syaiful Bahri menjelaskan bahwa keberadaan pondok pesantren itu merupakan sebuah keniscayaan . Dan menurutnya, pesantren dengan Nahdlatul Ulama tidak bisa dipisah-pisah karena pesantren adalah NU kecil, dan Nahdlatul Ulama adalah pesantren besar. ‘’Tumbuh berkembangnya Nahdlatul Ulama tidak bisa dipisahkan dengan bagaimana tumbuh dan berkembangnya pondok pesantren,’’ ujarnya.

Selain itu, Ia juga berharap Pondok Pesantren Pododadi ini bisa segera hadir, supaya di Kabupaten Pekalongan ada wadah untuk membentuk anak-anak yang soleh dan soleha serta berakhlakul karimah supaya bisa mengemban tanggung jawab menjadi warga NU. ‘’Karena dengan akhlak yang baik, maka semua aspek dalam kehidupan Insyaallah akan berjalan baik juga,’’ tandasnya.

Dalam acara tersebut, Ketua Ikatan Alumni Pesantren Tebu Ireng (Ikapete) juga berkesempatan memberikan sambutan, dan beliau menyampaikan bahwa pesantren yang akan berdiri ini merupakan wadah yang sangat baik untuk kedepannya, utamanya dalam hal mengembankan misi Nahdlatul Ulama yaitu menumbuhkan ukuwah Islamiyah di Kabupaten Pekalongan. Oleh karena itu, Ia berharap baik pemerintah maupun masyarakat utamanya seluruh alumni Pondok PesantrenTebu Ireng yang ada di sekitar wilayah Pekalongan dapat mendukung niat baik tersebut.

‘’ Mudah-mudahan alumni-alumni di sekitar wilayah Pekalongan ini dapat menghidupi dan dapat melanjutkan cita-cita dari pada kiyai Hasim Ashari dimana beliau tidak mengutamakan kelompoknya melainkan beliau mengutamakan ukuwah Islamiyah.,’’ ucapnya. (Lus-Kominfo)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…