HJ KHOIRIYAH, SOSOK ‘ BU LURAH’ YANG INSPIRATIF

KAJEN - Kabupaten Pekalongan kehilangan salah satu tokoh wanita terbaik yang dimiliki. Beliau adalah Hj Khoiriyah Binti Astro Dursin yang meninggal dunia pada Selasa, 15 Juni 2021. Untuk mengenangnya, ditebitkan sebuah novel dengan judul ‘ BU LURAH ‘ karangan Eddy H. Rachman.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH.,M.Si didampingi Penjabat (Pj) Sekda Ir Bambang Irianto M.Si beserta Asisten I dan Kabag Kesra, Inspektur Drs. Ali Riza M.Si, Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Ny Munafah Asip, serta Camat Paninggaran bertakziyah untuk menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga besar HjKhoiriyah ( Eriyah), atas nama seluruh warga kabupaten Pekalongan karena kehilangan tokoh inspiratif yang menggerakkan masyarakat pada masanya sehingga menjadi panutan/trendsenter untuk perubahan desa.

“Sebelum beliau memimpin Kaliboja, desa Kaliboja tidak dikenal bahkan tertinggal. Kemudian setelah beliau pimpin, dengan kegigihan, kesabaran dan keuletan serta kreatifitas yang dimiliki, bisa mengangkat nama desa Kaliboja sampai ke tingkat internasional. Saya kira sangat sedikit tokoh wanita yang berperan besar merubah desanya sehingga bisa diangkat dan mendapat penghargaan dari pemerintah pusat,” terang Bupati Asip di kediaman Almarhumah Hj Khoiriyah di desa Kaliboja Paninggaran, Rabu (16/06) siang.

Dalam kesempatan itu bupati juga berharap agar sosok Hj Khoiriyah menjadi inspiring bagi para tokoh wanita di kabupaten Pekalongan untuk meniru jejak langkahnya. “ Kebetulan juga sudah terbit buku yang ditulis anaknya yang berbentuk novel, mudah-mudahan bisa dibaca oleh kita, sebagai bentuk penghargaan dan mencari teladan dari beliau,” harapnya.

Ditambahkan pula, Hj Khoiriyah adalah seorang pemimpin yang tegas dan lugas. “Walau beliau orang desa, pendidikannya juga desa, tapi punya pemikiran global. Think globally, act locally, itu adalah beliau. Beliau berpikir secara global walau actionnya ada di lokal. Saya kira menjadi inspirasi yang sangat baik untuk kita semua,” imbuhnya.

Kepada keluarga Almarhumah Hj Khoiriyah, bupati Asip juga mengucapkan ikut berduka cita dan berharap keluarga yang ditinggalkan tabah, sabar dan terus menerus melakukan pengayaan sumber-sumber inspirasi dari beliau untuk disebarkan pada para generasi muda termasuk kepemimpinan yang ada di desa Kaliboja. (Ar-Kominfo)

 

WhatsApp Image 2021 06 16 at 15.11.40

 

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…