TMMD SENGKUYUNG TAHAP II, HASILKAN PEMBANGUNAN FISIK DAN NON FISIK

KAJEN – Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2021 di Desa Kutorembet, Kecamatan Lebakbarang yang diselenggarakan oleh Kodim 0710 Pekalongan resmi telah ditutup pada hari ini, Rabu (14/7/2021). Acara penutupan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, S.E.,M.M, Wakil Bupati Pekalongan H. Riswadi, S.H., unsur dari Kodim 0710 Pekalongan dan beberapa unsur Forkopimda.

Acara TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan oleh Kodim 0710 Pekalongan ini telah menghasilkan dua pembangunan penting bagi masyarakat Desa Kutorembet, Kecamatan Lebakbarang, yaitu pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk pembangunan fisik sendiri, telah dibangun perbaikan infrastruktur jalan yang rusak di Desa Kutorembet, yang diharapkan dapat membantu kelancaraan aktivitas masyarakat. Serta pembangunan non fisik berupa peningkatan mutu masyarakat berupa kegiatan penyuluhan yang difokuskan untuk menangkal paparan virus Covid-19.

Dalam acara penutupan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tersebut, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengucapkan terimakasih kepada unsur TNI Kodim 0710 Pekalongan yang telah melaksanakan kegiatan TMMD di Desa Kutorembet, yang menurutnya itu adalah suatu bentuk sinergitas TNI untuk membantu pembangunan infrastruktur dan non infrastruktur di Kabupaten Pekalongan.

‘’ Saya sebagai bupati Pekalongan sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan ini, terimakasih keluarga besar TNI. Karena ini bukan merupakan hal yang biasa kalau menurut saya. Karena saya biasa hidup di kota, saya melihat kebersamaan, saya melihat rasa perduli yang sangat tinggi di sini. Jadi menurut saya ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa,’’ ungkap Bupati Fadia Arafiq.

Fadia menuturkan, bahwa tema TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2021, yang bertemakan ‘Sinergi Membangun Negeri’ ini benar-benar dapat terimplementasi dengan baik di Kabupaten Pekalongan, utamanya yaitu di Desa Kutorembet, Kecamatan Lebakbarang.

‘’ Membuat jalan ini, kalau kita dari Pemda itu sudah merupakan kewajiban. Tapi kalau dari TNI itu ikut membantu itu merupakan hal yang luar biasa. Jadi saya sangat beterimakasih sekali dan saya berharap kita semua tetap menjaga jalan ini, karena jalan ini Insyaallah dapat bermanfaat bagi Desa Kutorembet,’’ tutur Fadia Arafiq.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, mewakili Dandim 0710 Pekalongan yang berhalangan hadir, Kepala Kasdim 0710/Pekalongan Mayor Inf Raji menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2021 ini memiliki tujuan untuk mensinergikan program antara masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.

‘’Kriteria yang ditetapkan sebagai daerah untuk dilaksanakan TMMD Sengkuyung yaitu daerah-daerah pedesaan yang tergolong tertinggal atau miskin, terisolasi, dan yang terdampak akibat bencana alam,’’ucap Kasdim 0710 Pekalongan Suraji.

Suraji juga menuturkan bahwa pihaknya sangat bersyukur kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2021 di Desa Kutorembet, Kecamatan Lebakbarang dapat terlaksana ditengah polemik nasional yang masih terjadi yaitu pandemi Covid-19.

Menurut Suraji, kegiatan TMMD di Desa Kutorembet telah berhasil melaksanakan dua pembangunan sekaligus pada sektor perbaikan infrastruktur jalan dan peningkatan mutu masyarakat berupa kegiatan penyuluhan. ‘’ Pembangunan non fisik ini dibutuhkan dalam rangka membangun kesadaran masyarakat utamanya dalam menangkal terpaparnya virus Covid-19 sebagai ancaman stabilitas bangsa, dan negara terutama tentang masalahan stabilitas kesehatan nasional,’’ jelasnya.

Pihaknya juga berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan seluruh masyarakat Desa Kutorembet, Kecamatan Lebakbarang yang telah mau bekerjasama dengan TNI untuk mensukseskan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2021 ini.

‘’ Pada kesempatan yang baik ini saya menyampakan kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2021 di Desa Kutorembet, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan baik secara moril maupun secara materil,’’ pungkasnya. (Lus-Kominfo)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…