Hilangkan Kebutaan Alami dengan 'Olahraga' Mata

mata2Jakarta, Menurut para peneliti, titik buta bisa diperkecil dengan 'olahraga' mata yang mudah dan simpel. Menurut mereka, hal ini dapat mencegah kebutaan bahkan mengembalikan fungsi pengelihatan seperti sediakala.

Semua orang memiliki 'titik' buta seiring dengan adanya kekurangan foto reseptor pada mata di mana saraf pengelihatan melewati retina. Kita biasanya tidak begitu merasakan karena otak secara otomatis mengirimkan sinyal kepada reseptor cahaya terdekat untuk mengisi celah tersebut.

Penggunaan layar komputer, plaster mata dan penggunaan gambar berbentuk cincin yang diletakkan dekat dengan titik buta tersebut dapat meningkatkan sensitivitas reseptor cahaya. Setelah 20 hari, para peserta uji coba memiliki titik buta lebih kecil 10 persen dari tes awal.

Perubahan yang cukup signifikan ini memang tidak dirasakan oleh peserta. "Hal yang paling signifikan adalah area titik buta ini mengecil berdasarkan data yan kami peroleh selama menjalani pelatihan. Kejadian ini tentu dapat membantu orang yang memiliki buta patologis," ujar Paul Miller kepada New York Times pada Selasa (8/9/2015).

Miller mengatakan latihan seperti ini dapat diperuntukkan kepada orang yang buta karena degenerasi makular dan dapat dikombinasikan dengan teknologi lain agar dapat membantu sesama memperoleh pengelihatannya kembali.

Sumber    : http://health.detik.com
publisher : uus.psg

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…