Berita

KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE., MM. me-launching Penggerakkan Minum Tablet Tambah Darah Bersama Pada Remaja Putri Dan Aplikasi Ceria Tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2022 di Pendopo Bupati Pekalongan Kecamatan Kajen, Selasa (22/11).

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, bupati menyampaikan pentingnya tubuh yang sehat dan bebas dari gejala kekurangan darah atau anemia, “Kekurangan darah dapat menyebabkan kita merasa pusing sehingga kegiatan kita terganggu, serta kita menjadi tidak bisa fokus. Karenanya kurang darah ini tidak boleh dianggap remeh. Tapi ini sangat penting sekali diperhatikan” kata bupati.

Untuk itu, bupati meminta kepada para guru dan kepala sekolah yang ada di Kabupaten Pekalongan untuk dapat memastikan para remaja sekolah khususnya yang perempuan untuk meminum tablet penambah darah.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan sangat peduli terhadap kesehatan para remaja di Kabupaten Pekalongan, “Kita ingin memastikan agar remaja khususnya remaja putri yang sudah menstruasi agar bisa benar-benar sehat dan terhindar dari kekurangan darah,” terang bupati.

Dikatakan bupati bahwa anemia atau kekurangan darah pada remaja di Kabupaten Pekalongan menjadi perhatian pemerintah daerah karena berdasarkan pemeriksaan terhadap sejumlah 18.617 dari total 34.682 remaja putri di Kabupaten Pekalongan dengan rentang usia 15-18 Tahun sebanyak 4.296 orang atau 23,08% mengalami anemia, “Artinya ini memang harus sangat diperhatikan oleh kita semua,” kata bupati.

Melalui kegiatan tersebut bupati mengajak para remaja putri Kabupaten Pekalongan di sekolah-sekolah agar setiap hari selasa rajin mengkonsumsi tablet penambah darah agar tidak anemia, “Tablet penambah darah ini gratis di sekolah-sekolah. Karenanya mari berkomitmen untuk setiap hari selasa meminum tablet penambah darah. Agar anak-anakku semuanya para remaja putri ini selalu sehat dan pintar serta tidak kekurangan darah,” tandas bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada pemenang lomba Tiktok minum tablet tambah darah bagi remaja putri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro, SKM., M.Kes. atau yang lebih dikenal dengan panggilan Wawan mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diikuti sebanyak 200 orang remaja SMP/sederajat, SMA/sederajat, serta SMK yang ada di Kabupaten Pekalongan.

“Melalui kegiatan ini akan dilakukan pemberian tablet tambah darah atau TTD serentak kepada para remaja putri di Kabupaten pekalongan mulai tanggal 22 November 2022 dan seterusnya. Dalam hal ini TTD di Kabupaten Pekalongan kita sebut dengan sebutan tablet ayu agar mudah diingat dan membuat remaja putri tertarik untuk menjalankan program ini,” katanya.

Selain itu, Wawan juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan minum tablet tambah darah dan pelaporan menggunakan aplikasi ceria setiap hari selasa untuk remaja putri diwilayah Kabupaten Pekalongan.

Dalam kegiatan yang digelar pagi itu, turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan KB (P3AP2KB), serta Kabag Kesra Setda Kabupaten Pekalongan.

Sumber : Tim Prokompim Kab. Pekalongan