Berita

KAJEN - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan Peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2023. Acara yang dilaksanakan di Lapangan Belakang Setda, Sabtu (25/11/2023) malam, diisi Gelar Karya Seni Dan Penganugrahan Merdeka Belajar.

Acara dihadiri Bupati Pekalongan Hj. Fadia Arafiq, para Asisten Sekda, Kepala OPD, serta perwakilan dari Sekolah se Kabupaten Pekalongan. Bupati berkesempatan melihat stand dari perwakilan sekolah yang ada di setiap kecamatan.

Dalam sambutannya Bupati Pekalongan Hj. Fadia Arafiq mengucapkan selamat Hari Guru bagi seluruh guru khususnya yang ada di Kabupaten Pekalongan. Dirinya berdoa semoga para guru diberi kesehatan, kemudahan untuk membimbing anak agar bisa soleh dan solihah, berguna untuk nusa, bangsa, agama dan keluarga. “kalau ngomong guru itu tidak ada habisnya, karena ia merupakan pahlawan bagi kita yang menciptakan kita menjadi seperti ini merupakan kerja guru. Guru menjadi sesuatu yang dibanggakan dan tertanam dihati kita. Sehebat apapun kita kalau ketemu guru pasti cium tangan,” katanya.

Dirinya memaparkan, banyak capaian yang ditorehkan Kabupaten Pekalongan dalam dunia Pendidikan, diantaranya peringkat 1 platform merdeka belajar se-Jawa Tengah, mendapat penghargaan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi karena berhasil meningkatkan nilai Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan juga program Kudu Sekolah yang ditiru oleh kabupaten lain. “kebijakan anggaran yang kita alokasikan untuk Pendidikan juga besar yakni 120 milyar ditahun ini, dan program lain seperti rehab sekolah, sekolah gratis dan bantuan seragam sekolah juga telah terlaksana di Kota Santri,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kabupaten Pekalongan Kholid menuturkan, tujuan diadakan peringatan ini diantaranya menunjukkan prestasi dan karya yang diperoleh dari proses belajar mengajar dan juga mengapresiasi pendidik dan tenaga kependidikan yang telah membawa Kabupaten Pekalongan menjadi lebih baik yang memperoleh keberhasilan baik di Propinsi maupun tingkat nasional. “kegiatan ini diikuti seluruh stakeholder Pendidikan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Adapun stand sebanyak 26 dari 19 koordinator wilayah, 3 korwil SMP, 3 sekolah penggerak dan satu stand Paud,” ujarnya.

Berkat kerja keras dari guru, tambahnya, Kabupaten Pekalongan pada tahun 2023 mendapat penghargaan yang luar biasa sampai tingkat nasional.
“ini juga tidak lepas dari arahan bupati yang konsen dalam membangun Pendidikan di Kabupaten Pekalongan salah satunya dengan dalam hal kebijakan anggaran untuk Pendidikan,” terangnya.