Berita

KAJEN - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda), Dekranasda Kabupaten Pekalongan mengadakan Dekranasday yang salah satu kegiatannya yakni Karnaval dengan ratusan peserta memakai aneka kostum menarik yang diadakan di Jalan Mandurorejo atau depan Alun-Alun Kajen, Minggu (26/11/2023).

Para peserta karnaval berjalan dari SMA 1 Kajen menuju panggung utama di depan Alun-alun Kajen dan disaksikan Bupati Pekalongan Hj. Fadia Arafiq, Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan yang juga suami Bupati Pekalongan Muhtarudin Asrhaf Abu, Forkompimda, Sekretaris Daerah beserta para Asisten, Kepala OPD serta disaksikan ribuan warga. Karvanal diikuti oleh perwakilan kecamatan, sekolah serta BUMD dan lainnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Muhtarudin Asrhaf Abu saat ditemui awak media usai acara mengatakan, Dekranasday merupakan inisiatifnya untuk memperingati hari ulang tahun Dekranasda. Menurutnya even sebesar ini merupakan yang pertama diadakan Dekranasda Kabupaten Pekalongan. “semoga kegiatan ini akan terus dilaksanakan oleh Dekranasda baik ada saya maupun tidak. Karnaval ini mengangkat semua pelaku UMKM baik batik, jeans bahkan adik-adik sekolah juga kita libatkan agar kedepannya mereka lebih kreatif,” paparnya.

Dirinya menjelaskan, pada acara yang pertama digelar ini mungkin masih ada kekurangan, namun menurutnya dari penampilan peserta semuanya sudah sangat bagus. “walaupun sempat hujan namun semangat mereka tetap bagus, semoga kedepan lebih baik lagi dan juga nanti malamnya akan ada artis nasionalnya,” terangnya.

Hal senada dikatakan Bupati Pekalongan Hj. Fadia Arafiq, menurutnya Dekranasday ini untuk menggali potensi batik di Kota Santri yang luar biasa banyak dan bagus serta dibuktikan para peserta karnaval yang luar biasa kreasinya. “Dekranasday ini membuat UMKM bergerak dan PDnya timbul lagi setelah beberapa tahun lalu dihantam pandemi covid 19 dan juga Alun-Alun Kajen menjadi ramai sehingga pedagang bisa tumbuh dan laris semua,” ujarnya.

Fadia berharap dengan Dekranasday ini, UMKM di Kabupaten Pekalongan bisa kembali eksis dan usahanya bisa Kembali lagi seperti sedia kala dan bahkan lebih baik lagi. “di Kabupaten Pekalongan ini ada even di setiap bulannya, niatnya para UMKM bisa senang sehingga gairahnya timbul lagi dan para warga dari berbagai daerah bisa dating ke Kota Santri karena banyak even bagus dan ramai,” katanya.