Berita

KAJEN – Event Dekranasday 2023 yang berlangsung pada minggu malam (26/11/2023) di area boulevard Alun – alun Kajen dimeriahkan artis Ibu Kota dan fashion show yang diikuti oleh Bupati Pekalongan beserta suami juga diikuti para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pekalongan.

Bupati Pekalongan Hj. Fadia Arafiq beserta sang suami yang juga merupakan Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan H. Ashraf Abu berjalan seperti model di area Boulevard Alun-alun Kajen yang disulap layaknya area “Red Carpet”, kemudin disusul seluruh Kepala OPD di jajaran Pemkab Pekalongan, para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati termasuk  Sekretaris Daerah beserta pasangannya masing-masing. Peserta diwajibkan mengenakan busana batik dan berjalan diatas “Red Carpet” menuju panggung utama untuk dinilail para juri.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengungkapkan, acara Dekranasday menjadi hadiah bagi UMKM di Kabupaten Pekalongan, dengan tujuan agar semakin maju. “Sekarang keadaan ekonomi sedang lesu, kami berharap dengan adanya acara ini para UMKM bangkit, para pedagang juga senang karena malam hari ini ramai, akhirnya ekonomi juga bisa berjalan dengan lancar,” tegas Bupati Pekalongan Fadia Arafiq. Sebagai bupati, dirinya akan terus mendukung UMKM agar seiring dengan pembangunan daerah.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan, Ashraf Abu mengungkapkan bahwa acara Dekranasday merupakan acara pertama dalam sejarah Dekranasda di Kabupaten Pekalongan. “Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara Dekranasday, saya juga berharap Dekranasday bisa terus berlangsung di tahun-tahun mendatang dan bisa mendatangkan artis-artis ibukota yang lainnya,” ujar Ashraf.

Setelah melewati proses penjurian, diputuskan juara untuk kategori terfavorit diraih Kecamatan Talun, kategori terlucu Dinlutkan, kategori terkreatif diraih Dinkominfo, kategori terkompak disabet oleh Kecamatan Kedungwuni, kategori terheboh oleh Badan Kesbangpol, serta kategori terluwes diraih oleh Dindukcapil.

Dalam acara tersebut juga diumumkan para pemenang lomba Batik Carnival diantaranya, untuk kategori umum, juara 3 diraih oleh Kecamatan Kesesi, juara 2 oleh Bank Jateng, dan juara 1 diraih oleh Polres Pekalongan. Sementara itu Kategori terfavorit diraih TK PAUD Aisyiyah, terkompak diraih oleh SMP 1 Wiradesa dan terheboh diraih oleh SMP 1 Wonokerto.

Pada kategori pelajar juara 3 berhasil diraih oleh SMP 1 Tirto, juara 2 berhasil diraih oleh SMP 1 Karanganyar, dan SMA 1 Kajen berhasil meraih juara 1. Acara Dekranasday berlangsung meriah dengan hiburan penampilan artis ibukota, yaitu Iis Dahlia, Jhony Iskandar serta Difarina Indra.