Berita

PANINGGARAN - Pasca diserahkannya SK Desa Wisata kepada 15 desa atau seluruh desa di Kecamatan Paninggaran oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Kamis, (30/11/2023)lalu. Pemerintah Kecamatan Paninggaran akan bergerak cepat untuk meningkatkan kualitas SDM. Diantaranya dengan meningkatkan kapasitas guide dan UMKMnya.

Penyerahan SK Desa Wisata sendiri menurut Fadia sebagai bentuk dukungan Pemkab Pekalongan terhadap pengembangan potensi wisata lokal di desa – desa di Kecamatan Paninggaran yang memiliki potensi alam luar biasa. “saya berharap setelah penyerahan SK tersebut, para kepala desa dapat segera mengambil langkah-langkah untuk mengembangkan potensi di daerah mereka, "SK ini di survey dulu, dicek dulu. Jadi artinya, kepala desa yang mendapatkan SK hari ini agar segera memikirkan bagaimana cara mengembangkan potensi daerahnya," tegasnya.

Sementara itu, Camat Paninggaran Arif Nugroho menuturkan, di Kecamatan Paninggaran ada bebrapa macam potensi wisata yang bagus diantaranya ada wisata camping ground, glamping, wisata budaya seperti tradisi potong rambut bajang dan potensi lainnya. “semoga dengan di SK kannya Desa Wisata ini bisa member manfaat bagi masyarakat, khususnya peningkatakan kesejahteraan,” terangnya.

Setelah mendapat SK, dirinya sudah membuat konsep dari masing-masing desa dan akan meningkatkan kapasitas orang-orang yang terlibat didalamnya. “termasuk guide, UMKM serta para pengelolannya. Dengan harapan akan bisa mengembangkan desa wisatanya masing-masing,” pintanya.