Air Minum

Air bersih adalah merupakan salah satu dari kebutuhan  pokok masyarakat, oleh karena itu pelayanan dan ketersediaan air bersih mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat.

Program penyediaan air minum, sanitasi dan kesehatan akan efektif dan berkelanjutan bila dilakukan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan dilakukan dengan melalui pendekatan yang tanggap
terhadap kebutuhan masyarakat ( demand responsive approach ) Untuk itu perlu dilakukan suatu usaha memberdayakan masyarakat agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam penyiapan, melaksanakan, mengoperasionalkan dan memelihara sarana yang telah dibangun serta melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan.

Sub sektor air minum di Kabupaten Pekalongan dilayani dari PDAM Kota Pekalongan dan PDAM Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan data dari PDAM Kota Pekalongan menunjukkan adanya kenaikan jumlah pelanggan rumah tangga di tahun 2010 sebesar 6,29 persen (dari 541 pelanggan di tahun 2009 menjadi 575 pelanggan pada akhir tahun 2010). Pelanggan instansi tidak mengalami perubahan yaitu sebesar 14 pelanggan. Hal ini juga berpengaruh terhadap nilai produksinya yang naik dari Rp. 372.820.500 di tahun 2009 menjadi rp. 401.824.100 di tahun 2009.

Selanjutnya di tahun yang sama jumlah pelanggan rumah tangga di PDAM Kabupaten Pekalongan justru mengalami kenaikan sebesar 1,86 persen yaitu 5.865 pelanggan menjadi 5.974 di tahun 2010. Hal ini bepengaruh terhadap kenaikan nilai produksinya yang juga mengalami kenaikan sebesar 28,86 persen. 

Sumber : Kabupaten Pekalongan Dalam Angka (DDA Th.2010, Bappeda & BPS Kabupaten Pekalongan).