Berita

KAJEN - sebagai salah satu upaya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok, Pemerintah Kabupaten Pekalongan bekerjasama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Bulog menyelenggarakan Bazar Pangan Murah di Kecamatan Kajen yang ketiga kali. Bazar Pangan murah kali ini diadakan di Terminal Kajen, sebelumnya juga diadakan ditempat yang sama dan di Pasar Kajen.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Pekalongan Siti Hanikatun menjelaskan pada kegiatan bazar murah kali ini disediakan 500 paket yang berisi beras, gula dan minyak dan juga 500 kantong beras. “jadi total ada 1.000 paket yang kita sediakan untuk bazar murah kali ini, untuk paket beras, minyak dan gula kita harga 85 ribu rupiah,” katanya, Rabu (28/2/2024).

Dikatakan Hani, bazar murah ini rencananya akan dilakukan di 11 titik, namun karena melihat jumlah kecamatan yang ada yakni 19 kecamatan maka dapat berpotensi bertambah. “kita masih terus berkoordinasi dengan Bulog barangkali bisa ditambah, sekaligus nanti kita lihat perkembangan harga kebutuhan pokok di masyarakat,” terangnya.

Adapun tujuan dilaksanakan bazar ini, lanjutnya, adalah untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok yang saat ini mengalami kenaikan. “apalagi jelang Bulan Ramadhan dan Lebaran dan kemarin sempat terjadi elnino yang membuat panen mundur sehingga memicu kenaikan harga,” tambahnya.

Dibazar ketiga ini, antusias warga untuk mendapatkan pangan murah sangat tinggi sehinga untuk menghindari antrian yang terlalu panjang, maka dibuat dua antrian. “kedepan akan dilakukan juga di Kedungwuni yang padat penduduk maka juga akan ada dua atau mungkin empat loket yang disediakan. Kita juga berlakukan bagi yang sudah mendapat tiket untuk mencelupkan jarinya ketinta, agar satu warga mendapat satu paket,” ucap Hani.