Berita

DORO - Ada banyak cara yang dilakukan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dalam menyerap masukan dari masyarakat, salah satunya yakni dengan kegiatan safari ramadhan yang digelar di masjid-masjid di Kabupaten Pekalongan selama ramadhan 1445 Hijriyah.

Seperti yang dilaksanakan di Masjid Al Mubarok Dukuh Blando Kidul Desa Wringin Agung, Kecamatan Doro Rabu, 20 Maret 2024 malam yang merupakan kegiatan Safari Ramadhan ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan di Masjid Al Fattaah di Desa Nyamok, Kecamatan Kajen, dan Masjid Jami’ Baiturrahman Dukuh Wonorejo Desa Pododadi Kecamatan Karanganyar.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati hadir didampingi Sekda Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar, para Asisten Sekda, Para Kepala OPD, Forkopimcam Doro, dan sejumlah pejabat di Lingkungan Setda Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutannya di hadapan jemaah yang hadir, Bupati menjelaskan pentingnya safari Ramadhan sebagai sarana untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah. “dengan adanya masukan dari masyarakat kepada Pemkab maka diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik,” kata Fadia.

Selain memberikan sambutan dalam kesempatan itu, Bupati Fadia juga menyosialisasikan program-program pemerintah yang telah berjalan, seperti pendidikan gratis dari SD sampai SMA serta bagi siswa SD dan SMP yang tidak mampu diberikan sergam gratis. Dan juga peringkat pendidikan Kabupaten Pekalongan yang tinggi di Jawa Tengah serta program kesehatan gratis dengan menggunakan KTP yang kini telah menjadi Universal Health Coverage (UHC) kepada masyarakat. “kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pekalongan juga menyalurkan hibah untuk membantu renovasi Masjid Al Mubarok. Semoga bantuan tersebut akan bermanfaat bagi masjid dan masyarakat sekitar karena saat ini masjid tersebut juga masih dalam masa renovasi," pungkas Bupati.

Safari Ramadhan malam itu ditutup dengan penyaluran bantuan sembako dari BAZNAS Kabupaten Pekalongan kepada masyarakat tidak mampu di lingkungan Masjid Al Mubarok