Berita

KAJEN - Optimalkan Layanan Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pekalongan terima dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemrov Jateng) sebesar 79 Miliar rupiah, Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, didampingi Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. Selasa (30/1/2024).

Disampaikan Nana Sudjana dalam sambutannya, Dana bantuan tersebut diserahkan untuk sejumlah sektor, meliputi Sarana Prasarana Infrastruktur Jalan, Keuangan Pemerintah Desa untuk Peningkatan Sarana Prasana Pedesaan dan bantuan TMMD, Penanggulangan Masalah Gizi (PMG), RTLH sebanyak 552 unit, Bansos Penyaluran Stimulan Pembangunan Rumah sebanyak 66 unit, Bantuan Sosial Kartu Jateng Sejahtera, Bantuan Sosial Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk 10 Kelompok, Hibah bidang kesejahteraan sosial untuk Karang Taruna, dan Bantuan Pengembangan Desa Wisata.

Ditambahkan bantuan lainnya juga disampaikan untuk MTs Muhammadiyah Darussalam Talun, MTs Muhammadiyah Kajen, RA Muslimat NU Masyitoh 18 Bandengan, serta berbagai bantuan lainnya seperti sambungan listrik, pembangunan digester, hibah huller dan puller Poktan Tani Maju Desa Bantarkulon Kecamatan Lebakbarang, pupuk ZA, benih tanaman, kopi, robusta, dan bantuan cadangan pangan Pemrov Jateng sebanyak 5 ton beras dan 2500 mie mocaf kepada Kecamatan Kandangserang. Selain itu, ada bantuan cadangan pangan Pemrov Jawa Tengah berupa 4 ton beras dan 2000 bungkus mie mocaf kepada Kecamatan Kesesi, serta 1 ton beras dan 500 bungkus mie mocaf kepada Kecamatan Kajen.

"Total dana bantuan yang kami sampaikan hari ini untuk Kabupaten Pekalongan mencapai lebih dari 79 Miliar Rupiah. Dari jumlah tersebut, sekitar 25,5 miliar rupiah dialokasikan untuk bantuan keuangan sarana dan prasarana desa, dengan setiap desa mendapatkan alokasi sebesar 200 juta rupiah," terang Nana Sudjana.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur dan Pemrov Jateng atas berbagai bantuan yang telah disalurkan. "Ini merupakan bentuk perhatian luar biasa dari Bapak Pj Gubernur kepada Jawa Tengah khususnya kepada Kabupaten Pekalongan," ungkap Bupati.

Acara yang berlangsung di Aula Lantai I Setda Kabupaten Pekalongan dihadiri oleh Forkopimda, Sekda Kabupaten Pekalongan, Staff Ahli, Para Asisten Sekda, Para Kepala OPD, Para Direktur Rumah Sakit, Camat, Lurah dan Kepala Desa sekabupaten Pekalongan.