Berita

KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengapresiasi Lolong Culture Festival 2024 atau Festival Durian Lolong yang diadakan oleh Pemerintah Desa Lolong Kecamatan karanganyar, di Lapangan Rejomulyo Desa Lolong Kecamatan Karanganyar, Minggu 28 Januari 2024.

Dalam kegiatan tersebu,t sebanyak ribuan warga dari Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya membanjiri lokasi festival. Dari tiga ribu durian yang dikemas dalam mika ludes dibagikan kepada para pengunjung secara gratis.

Acara dimulai dengan karnaval durian, dilanjutkan dengan doa bersama dan istighosah Forkompimcam dengan warga dan pengunjung dan acara inti yakni pembagian durian gratis.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi penyelenggaraan festival durian lolong ini. Menurutnya meski diselenggarakan oleh desa akan tetapi pengunjungnya ramai namun tetap aman. “dengan durian yang dibagikan dalam kemasan mika kepada pengunjung maka lebih aman, serta menggunakan tiket sehingga tidak berebut,” ujarnya.

Yulian berharap dengan adanya festival ini dapat kembali menguatkan branding Desa Lolong sebagai salah satu desa penghasil durian di Kota Santri. “selain itu juga mendorong pariwisata di Desa Lolong serta meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, khususnya kepada para petani durian,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Lolong, Sholehudin menuturkan festival durian ini sebagai bentuk rasa syukur warga terutama petani durian karena melimpahnya panen tahun ini. “kita dari Pemdes menyikapi keinginan warga tersebut dan bersama-sama mengadakan festival ini serta didukung dari desa sekitar,” terangnya.

Dijelaskannya, untuk tahun ini, panen durian lebih melimpah dari tahun lalu serta waktunya lebih panjang sehingga diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. “yang dijual difestival ini tidak hanya durian dari Lolong saja, akan tetapi juga dari desa-desa sekitar. Kita jual yang sudah matang untuk menjaga rasa dan kualitas,” pungkasnya.