Berita

KAJEN – Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq meresmikan Gedung Puskesmas Karangdadap, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongn, Selasa (06/02/2024). Bupati Fadia Arafiq meresmikan secara simbolis gedung berlantai dua senilai kurang lebih 1,9 miliar tersebut, didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Ashraff Abu dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutannya bupati mengungkapkan peresmian gedung baru Puskesmas Karangdadap merupakan langkah menuju peningkatan dalam sistem kebijakan pelayanan kesehatan di Kabupaten Pekalongan, yang rencananya, sistem berobat gratis dengan KTP akan berubah menjadi Universal Health Coverage (UHC). Peresmian dihadiri para Kepala OPD, Forkopimcam Karangdadap, Unsur PKK, para kepala desa, tokoh masyarakat setempat serta tenaga Kesehatan,

Bupati menandaskan bahwa UHC diterapkan dengan tujuan memberikan akses kesehatan yang lebih luas bagi seluruh warga Kabupaten Pekalongan yang belum memiliki BPJS mandiri. “Kita mempersiapkan diri, yang tadinya berobat gratis cukup pakai KTP, sekarang kita akan selangkah lebih maju, dimana semua masyarakat Kabupaten Pekalongan yang tidak punya BPJS mandiri kita BPJS-kan. Jadi Tahun ini kita akan UHC, dimana jika UHC ini diterapkan berarti fasilitas kesehatan juga harus kita siapkan semaksimal mungkin, Puskesmas akan kita buat rawat inap semua, kita bangun semua yang bagus dan rapi, fasilitas yang lengkap untuk masyarakat sehingga masyarakat bisa berobat dengan nyaman,” terang bupati.

"Langkah ini merupakan pencapaian luar biasa bagi Kabupaten Pekalongan. Dengan UHC, tidak akan ada batasan dalam akses kesehatan bagi masyarakat, dan ini merupakan dorongan besar bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan," tambah Bupati.

Bupati berharap penerapan UHC akan dapat meningkatkan pendapatan Puskesmas melalui layanan kesehatan, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi para tenaga kesehatan. Sejalan dengan itu, Bupati menekankan kepada para tenaga medis tentang pentingnya menerapkan sikap yang ramah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, yang merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan pelayanan yang ramah dan bersahabat.

“Saya harapkan seluruh tim kesehatan Kabupaten Pekalongan mempersiapkan diri sebaik- baiknya agar bisa memberikan pelayanan yang paling hebat untuk masyarakat Kabupaten Pekalongan. Salam sapa, sopan, santun. Ini harus benar-benar diterapkan pada diri kita,” tandasnya.

Kepala Puskesmas Karangdadap dr. Endah Winarti dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pekalongan yang telah memberikan perhatian, sehingga pembangunan gedung baru Puskesmas Karangdadap dapat terealiasi, “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu Bupati Pekalongan, atas bantuannya sehingga Gedung Puskesmas Karangdadap bisa terealiasasi dalam keadaan yang baik dan cukup megah,” ungkapnya.