Berita

KAJEN – Megengan merupakan suatu peringatan bahwa dalam waktu dekat akan memasuki Bulan Pasa (Ramadhan), salah satu kecamatan di Kabupaten Pekalongan yang menyelenggarakan kegiatan ini adalah Kecamatan Talun, dengan mengadakan acara Kreasi Seni Dan Budaya ‘Megengan’ yang digelar dengan meriah di Pendopo Kecamatan Talun pada Selasa (05/03/2024).

Dalam kesempatan tersebut hadir secara langsung Bupati Pekalongan Fadia Arafiq didampingi oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Ashraff Abu, serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bupati dalam sambutannya mengatakan dalam rangka menghadapi Bulan Ramadhan sudah selayaknya dengan meningkatkan kebaikan, kepedulian, dan rasa persaudaraan di antara sesama umat Muslim. “Megengan bukan hanya sekadar tradisi menyambut bulan Ramadan, tetapi juga menjadi momentum untuk mempererat kebersamaan dan menjaga nilai-nilai budaya. Megengan ini menjadi wadah yang tepat untuk memperkuat semangat tersebut," ujarnya.

Selanjutnya dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan program-program unggulan Pemerintah Kabupaten Pekalongan kepada masyarakat, seperti program Kesehatan Gratis dengan hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang kini telah berkembang menjadi Universal Health Coverage (UHC), serta program pembangunan infrastruktur lainnya, “Kami terus berupaya untuk melakukan pembangunan secara merata di berbagai wilayah di Kabupaten Pekalongan tanpa membedakan daerah atas atau daerah bawah karena kami ingin daerah atas juga terbangun dengan baik,” tambahnya.

Menutup sambutannya, Bupati menyampaikan harapan agar kebersamaan yang terjalin melalui megengan dapat terus dijaga dan dipelihara dengan baik. “semoga kebersamaan dan persaudaraan ini tetap terjaga untuk modal membangun Kota Santri,” paparnya.